search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Koster Ingin Bali Berhenti Impor Beras dan Garam
Rabu, 3 November 2021, 10:50 WITA Follow
image

Beritaklungkung.com

IKUTI BERITAKLUNGKUNG.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKLUNGKUNG.COM, BALI.

Gubernur Bali Wayan Koster berharap Bali berhenti impor beras dan garam. Dia ingin masyarakat Bali memberdayakan produk dari petani lokal Bali, yang sehat dan sekaligus mengerakkan ekonomi. 

Harapan itu ia katakan dalam peringatan Hari Pangan se-Dunia, Rabu (3/11) di Subak Kusamba, Dawan, Klungkung.  Dia mengajak seluruh stakeholder untuk menjadikan Hari Pangan Se-Dunia Tingkat Daerah Provinsi Bali Ke-41 Tahun 2021 sebagai momentum untuk membenahi sektor pertanian di Pulau Dewata, serta sektor lainnya yang berkaitan dengan pangan. 

"Sehingga Kita jangan sampai melakukan impor beras hingga impor garam. Padahal di Bali Kita surplus beras dan surplus garam," tegas Gubernur yang saat itu didampingi Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putu Putri Suastini. 

Semangat pemberdayaan produk lokal itu, juga agar masyarakat Bali memiliki pangan yang sehat, berkualitas, serta ramah lingkungan, sekaligus memelihara ekosistem yang ada.

Maka menurutnya diperlukan implementasi nyata dan dikerjakan dengan serius untuk membangun pertanian organik dari hulu sampai hilir sesuai dengan Perda Provinsi Bali Nomor 8 Tahun 2019 tentang Sistem Pertanian Organik.

Hal itu sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Sementara itu, Plt. Dinas Pertanian Provinsi Bali, Ketut Lihadnyana melaporkan rangkaian Hari Pangan Se-Dunia Tingkat Daerah Provinsi Bali Ke-41 Tahun 2021 diawali dengan acara Panen Padi di Subak Kusamba.

Selain itu, katanya, juga membuat Pasar Pertanian UMKM yang diolah dari hasil produk pertanian organik yang sejalan dengan konsep Ekonomi Kerthi Bali.

Dalam kegiatan itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali kepada Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung menyerahkan bantuan beras dan pemberian bantuan berupa benih padi.

Selain itu, diserahkan juga bantuan peremajaan kakao dan kopi arabika, bantuan peremajaan jambu mete, bantuan sarana pasca panen dan pengolahan kopi robusta, bantuan pestisida nabati, bantuan traktor roda 2.

Bantuan jalan usaha tani, bantuan rehabilitasi jaringan irigasi tersier, hingga penyerahan sertifikat organik, dan pemberikan bantuan alat dan mesin pertanian yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Bali kepada Subak maupun Kelompok Tani yang ada di Kabupaten/Kota se-Bali.

Dalam acara tersebut, Gubernur Bali bersama rombongan menyempatkan waktu berbelanja hasil pertanian dan kelautan di Pasar Pertanian, hingga melihat pengelolaan sampah di Toss Center Kusamba.

Editor: Robby

Reporter: bbn/klk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritaklungkung.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Klungkung.
Ikuti kami