search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jaringan Belum Stabil, Layanan Starlink di Pustu Bungbungan Dibongkar
Senin, 20 Mei 2024, 21:48 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Jaringan Belum Stabil, Layanan Starlink di Pustu Bungbungan Dibongkar.

IKUTI BERITAKLUNGKUNG.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKLUNGKUNG.COM, BANJARANGKAN.

Layanan internet berbasis satelit, Starlink di Puskemas Pembantu (Pustu) Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, Klunkung, Bali dibongkar lagi.

Hal ini lantaran layanan internet milik pengusaha teknologi asal Amerika Serikat (AS) Elon Musk yang diluncurkan perdana di Bali pada Minggu (19/5) itu  jaringannya belum stabil.

Perangkat internet cepat ini diletakkan pada satu ruang rawat pasien Pustu Bungbungan. Setelah Starlink dibongkar, layanan internet menggunakan jaringan provider sebelumnya.

Salah satu bidan Pustu Bungbungan, Putu Arini Julianti, mengungkapkan saat pemasangan Starlink, internetnya memang tidak stabil karena masih proses mencari sinyal.

"Kadang dapat 300 Mbps kadang bisa turun sampai 200 Mbps, belum stabil. Kemarin sore dibuka oleh petugas yang memasang. Tidak tahu hari ini dipasang lagi atau tidak," kata Arini.

Lokasi Pustu Bungbungan memang berada di pedesaan, sehingga sinyal sejumlah provider sering lemah.

"Sistem semua sudah pakai online, kalau di dalam pustu tidak bisa internet dari HP-nya, harus gunakan wifi," terang Arini.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengatakan Klungkung beruntung karena mendapat layanan kerja sama antara Kemenkes dengan Space-X milik Elon Musk.

"Pustu Bungbungan adalah salah satu puskesmas yang ada di pelosok desa di Klungkung, yang jaringan internetnya masih kurang memadai, sehingga layak mendapat layanan internet cepat untuk menunjang kinerja tenaga kesehatan," terang Jendrika.

Dia berharap Kemenkes juga bisa memberikan bantuan kepada puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah kepulauan Nusa Penida. Pasalnya di Nusa Penida masih banyak tempat yang mengalami blank spot (tidak tersentuh jaringan komunikasi internet).

Sebelumnya, Elon Musk ditemani sejumlah pejabat Indonesia meresmikan layanan internet Starlink untuk puskesmas di Bali. Dia hadir di peluncuran yang dilakukan di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar pada Minggu petang lalu. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritaklungkung.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Klungkung.
Ikuti kami