search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pantai Kusamba, Pantai Unik yang ada di Klungkung
Jumat, 11 Februari 2022, 09:50 WITA Follow
image

Beritaklungkung.com

IKUTI BERITAKLUNGKUNG.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKLUNGKUNG.COM, NUSA PENIDA.

Bali sebagai destinasi wisata yang cukup diminati punya banyak pilihan pantai untuk dikunjungi. Salah satunya adalah pantai Kusamba yang berada di Klungkung.

Berbeda dari pantai lain yang berada di Bali, Kebanyakan didiami mayoritas hindu, namun di sekitar pantai ini didiami mayoritas muslim.

Desa Kusamba juga dikenal sebagai kampung muslim di Bali dan menjadi yang pertama di Klungkung. Agama islam disebarkan oleh Habib Ali Bin Abubakar Bin Umar Bin Abubakar Al Khamid. Makamnya pun berada di pinggir pantai. 

Baca juga:
Rumah Keong

Selain makam sang Habib, di Desa Kusamba juga ditemukan Al-Qur’an tertua yang hampir berusia 400 tahun.

Selain itu masyarakat di sekitar pantai ini umumnya berprofesi sebagai nelayan dan petani garam yang masih memegang teguh tradisi.

Dalam sejarah, desa dan Pantai Kusamba Klungkung memberikan arti penting bagi Kerajaan Klungkung, dimana desa ini merupakan ibukota kedua. Untuk mendukung pemerintahannya, pemimpin Ida I Dewa Agung Putra Kusamba mendirikan istana di desa ini dengan nama Kusanegara.

Pantai Kusamba berada di Desa Kusamba, Kecamatan Dawun, Kabupaten Klungkung, Bali. Dari Kota Semarapura, Anda bias menjangkau Pantai Kusamba sejauh 7 km perjalanan. Sedangkan jika Anda dari Bandara Ngurah Rai Anda hanya membutuhkan 1,5 jam perjalanan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/klk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritaklungkung.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Klungkung.
Ikuti kami