search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pura Agung Kentel Gumi Gelar Karya Ngusaba Jagat
Jumat, 8 November 2019, 20:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITAKLUNGKUNG.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKLUNGKUNG.COM, KLUNGKUNG.

Pura Agung Kentel Gumi (Puseh Jagat Bali) di Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan dalam waktu dekat ini akan menggelar Karya Ngusaba Jagat yang puncaknya berlangsung pada Anggara, Umanis, Wayang, Selasa (12/11) mendatang.

[pilihan-redaksi]
Ida Bagus Putu Suwamba selaku Panitia Karya Seksi Upacara yang mewakili Ketua Umum Panitia Karya, I Dewa Made Tirta mengatakan persiapan Karya Pangusabhan Jagat ini sudah dilakukan sejak, Minggu (13/10) sampai 20 Oktober lalu dengan menggelar upacara Matur Piuning, Nanceb Taring, Upacara Penyucian, dan pada, Kamis (7/11) lalu juga sudah digelar Upacara Nuur Tirta kesembilan Pura di Bali, seperti Pura Penataran Agung Besakih, Pura Ulun Danu Songan, Pura Ulun Danu Batur, Pura Pasar Agung, Pura Goa Lawah, Pura Watu Klotok, Pura Dasar Bhuana Gelgel, Pura Penataran Ped dan Pura Dalem Ped di Nusa Penida.

"Tepat pada Saniscara, Pon, Ugu, Sabtu (9/11) akan digelar Upacara Nedunang Ida Betara tepat pada Pukul 15.00 Wita, yang keesokan harinya, Minggu (10/11) akan digelar Upacara Melasti di Pantai Tegal Besar,” jelasnya seraya menegaskan puncak Karya Pangusabhan Jagat di Pura Agung Kentel Gumi berlangsung, Selasa (12/11) dan diakhiri dengan Upacara Nyineb pada, Saniscara, Paing, Klawu, Sabtu (23/11) mendatang.

Untuk mensukseskan upacara tahunan ini, Krama Desa Adat di wilayah Banjarangkan hingga lembaga pemerintahan seperti Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Klungkung beserta Penyuluh Agama Hindu Non PNS-nya mulai aktif menggelar persiapan.

“Kami ikut serta ngayah untuk menyambut Karya Pangusabhan Jagat ini, walaupun baru sekedar ngayah mereresik hingga metanding banten upakara, dan Sabtu (9/11) sore besok kembali ngaturang ngayah sampai Karya ini selesai,” kata Koordinator Penyuluh Agama Hindu Non PNS Kemenag Klungkung, Ni Komang Sri Sugiantari Asih dihadapan Kasi URA Hindu, Kementrian Agama Klungkung, Drs. I Wayan Ratnata.

Editor: Robby

Reporter: bbn/klk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritaklungkung.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Klungkung.
Ikuti kami